Tribratanewspolresacehtamiang.com —Kapolres Aceh Tamiang AKBP Ari Lasta Irawan, SIK. Yang diwakili oleh Kanit Pol Air Ipda Rudianto menghadiri acara pelepasan Tukik Tuntong Laut (Batagur Borneoensis)  berlokasi Ujung Tamiang Pantai Kuala Pusung Kapal, Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang. Selasa (27/7/2021) sore.

Kegiatan diprakarsai Yayasan Satu Cita Lestari Indonesia (YSCLI) bersama PT. Pertamina Rantau dan dihadiri Forkopimda Aceh Tamiang, Forkopimcam Seruway dan para tamu undangan.

Ketua Yayasan Satu Cita Lestari Indonesia (YSCLI) menjelaskan bahwa Tukik Tuntong Laut (Batagur Borneoensis) adalah salah satu Satwa Laut sejenis Kura-kura yang merupakn salah satu species yang hampir punah dan satwa ini hanya tinggal dalam jumlah kecil di perairan hutan bakau Kabupaten Aceh Tamiang.

Pelepasan Tukik Tuntong Laut (Batagur Borneoensis) dilakukan agar salah satu kekayaan keanekaragaman hayati nasional dan daerah Aceh Tamiang ini masih dapat berperan menjaga keseimbangan ekosistem perairan hutan bakau dan masih bisa dilihat oleh generasi mendatang,” terangnya.

“Sebanyak 329 ekor dilepaskan dilaut lepas untuk perkembangan biak. Serta mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama-sama melestarikan spesies tersebut,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here