Dalam Rangka Menyambut Hari Bhayangkara ke-76 Polres Aceh Tamiang Adakan Lomba Fardhu Kifayah

Tribratanewspolresacehtamiang.com — Dalam Rangka menyambut hari Bhayangkara ke-76 pada 1 juli 2022 mendatang, Polres Aceh Tamiang mengadakan lomba Fardhu Kifayah (memandikan, mengafani jenazah, mensholatkan Jenazah dan menguburkan) yang di ikuti oleh 14 tim dari Polres Aceh Tamiang dan Jajaran Polsek bertempat di Gedung Dhira Brata polres Aceh Tamiang. Rabu (22/06/2022) sekira pukul 09.00 WIB.

Kapolres Aceh Tamiang AKBP Imam Asfali, SIK, membuka perlombaan Kearifan Lokal yaitu kegiatan lomba Fardhu Kifayah (memandikan, mengafani jenazah, mensholatkan Jenazah dan menguburkan) ini diikuti personil gabungan Polres Aceh Tamiang dan Jajaran Polsek sebanyak 14 tim dan lomba ini di wakili masing-masing tim terdiri 5 personil.

“Lomba itu sengaja diadakan oleh Kepolisian untuk mempersiapkan generasi amil (memandikan, mengafani jenazah, mensholatkan Jenazah dan menguburkan) mendatang guna membantu masyarakat yang membutuhkan,” Kata Kapolres melalui Kasi Humas AKP Untung Sumaryo

Kegiatan lomba Fardhu Kifayah tersebut terlaksana sebagai bentuk pengaplikasian atas perintah Kapolri dan Kapolda Aceh untuk meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM).

Polri tidak hanya secara memiliki ilmu Kepolisian saja, namun juga ilmu sosial sebagai bekal ketika dibutuhkan di masyarakat. Ucap Kasi Humas AKP Untung Sumaryo

“Salah satunya adalah ketika terjadi hal yang urgen darurat di masyarakat, tentunya Polri juga diminta jika mampu untuk memberikan solusi. Ketika kekurangan orang pengetahuan agama terkait dengan format jenazah salah satunya memandikan dan juga mengafani,” kata Kasi Humas AKP Untung Sumaryo

Pantauan di lokasi, para peserta berkelompok yang berjumlah lima orang. Tiga orang duduk di kursi memangku boneka diibaratkan jenazah. Sementara dua orang melakukan proses mulai dari memimpin doa dan memandikan jenazah.

Selesai dimandikan, jenazah dipindahkan ke tempat lain lalu dikafani. Penilaian meliputi tiga aspek yakni, Adab, Urutan serta Kerapian dan diberi waktu 15 menit, adapun tim juri dari lomba tersebut dari Da’i Kabupaten Aceh Tamiang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Aceh Tamiang AKBP Imam Asfali SIK, Waka Polres Aceh Tamiang Kompol Teuku Heri Hermawan S.H .S.I.K, Kabag ops Polres Aceh Tamiang Kompol Ahmad Arief Sanjaya S.H, Kabag Ren Polres Aceh Tamiang Kompol Nastuti Ariyani, Kasi Propam Polres Aceh Tamiang AKP Zulfikar, Kasubag Ops Polres Aceh Tamiang AKP Triswan Yani, Da’i Kabupaten Aceh Tamiang ( Ustad Sahrianto, Ustad sujai toyo, Ustad anwar) dan terdiri dari peserta Polres Aceh Tamiang dan Jajaran Polsek.

Dalam Rangka Menyambut Hari Bhayangkara ke-76 Polres Aceh Tamiang Adakan Lomba Fardhu Kifayah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas