ACEH TAMIANG – Kepolisian Resor Aceh Tamiang melakukan upacara gelar pasukan dalam rangka antisipasi Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) di wilayah Aceh Tamiang agar masyarakat lebih responsif terhadap kebakaran. Selasa (3/10/2017) pagi.

Informasi dihimpun tribratanews.polresacehtamiang.com, Bupati Aceh Tamiang H. Hamdan Sati, ST selaku Inspektur upacara di Lapangan Parama Satwika Mapolres Aceh Tamiang yang juga didampingi Kapolres Aceh Taming AKBP. Zulhir Destrian, SIK, MH serta Dandim 0104 Aceh Timur Letkol. Inf. Amril Isa Siregar, SE dengan Khidmat menjalani proses upacara gelar pasukan tersebut. Dikatakan Bupati Aceh Tamiang dalam pidatonya, mengajak semua peserta yang hadir untuk membangun pemahaman, kesadaran, keperdulian dan tanggung jawab semua pihak tentang pentingnya upaya penanganan bencana yang dimulai dari dini sebelum, saat dan sesudah terjadinya bencana, karena pelaku penanggulangan Bencana adalah Pemerintah, masyarakat dan lembaga usaha yang saling berkoodinasi sesuai dengan amanat Undang-
undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang penanggulangan bencana.

“Saya mengajak seluruh Aparat Pemerintah, masyarakat dan lembaga usaha melakukan perang terhadap kebakaran hutan dan lahan, dengan
secara rutin melakukan tindakan preventif
atau pencegahan seperti sosialisasi, penegakan hukum dan pemantauan Karhutla dari darat dan udara melalui deteksi satelit pada aplikasi smartphone (Lapan) Fire Hotspot, BMKG dan Sipongi, untuk melaksanakan tindakan responsif pemadaman kebakaran bila telah terjadi kebakaran segera lakukan pemadaman dini dan sekat lokasi kebakaran”, singkat Bupati.

Disisi lain, Kapolres Aceh Tamiang juga menekankan kepada seluruh Bhabinkamtibmas agar mensosialisasikan tentang bagaimana antisipasi kebakaran hutan dan lahan, sehingga masyarakat lebih siap saat terjadinya bencana tersebut.

 

Humas Atam
Riyan Nanda

loading...