Tribratanewspolresacehtamiang.com.-Kapolsek Kejuruan Muda Iptu Pol Hendra Sukmana, SH, melalui Bhabinkamtibmas telah menyelesaikan masalah (Problem Solving) perkara Penyebaran Berita Bohong (Hoax) dengan menjelek jelekkan kinerja Datuk Penghulu dan Perangkat Desa Kp.Bukit Rata, Kec. Kejuruan Muda, Kab.Aceh Tamiang, Selasa, (16/06/2020), Pukul 10.00 Wib.

Pelaku yang di duga sebagai penyebar Berita Bohong (Hoax) tersebut adalah seorang Wanita bernama SW ia di amankan berdasarkan laporan dari Datuk Penghulu Sdr Khairul Amani dan perangkat Desa Bukit Rata yang merasa keberatan tentang pemberitaan  yang  Saudari SW terbitkan dengan menggunakan Akun Facebook nya dalam Berita Aceh Tamiang  yang berisikan bahwa Saudara I yang merupakan Keluarga dari Saudari SW belum mendapat bantuan apa pun baik dari Pemerintah, Swasta dan juga dari Pemerintah Kp.Bukit Rata dalam Program Bantuan BLT maupan ADD .

Menurut Penjelasan dari datok Penghulu dan Perangkat Kampung, Kampung Bukit Rata bahwa pemberitaan tersebut adalah tidak benar (Hoax) hal tersebut di karenakan Saudara I sudah menerima bantuan, baik dari pihak lain dan juga Pemerintah Kp.Bukit Rata telah memberikan Bantuan BLT ADD yang di berikan  kepada Saudara I pada Tanggal 09 Juni 2020.

Sehubungan dengan hal tersebut Polsek kejuruan Muda yang di wakili oleh Bhabinkamtibmas Kampung Bukit Rata  menjembati penyelesaian permasalahan tersebut dengan menghadiri kedua belah pihak baik Dr(i) SW maupun Datok penghulu dan perangkat Kampung Bukit Rata.

Dalam pembahasan permasalahan  tersebut di peroleh kesepakatan (problem Solving) bahwa Saudari. SW memohon Maaf kepada Datuk Penghulu  dan Perangkat Kampung Bukit Rata  serta membuat pernyataan dalam bentuk Video dan Tulisan yang akan di Posting dalam Akun Facebook milik Saudari SW dalam Berita Aceh Tamiang.

Datuk Penghulu mewakili seluruh perangkat Kampung Bukit Rata sudah memaafkan Sdr(i)  SW atas kejadian tersebut dan tidak akan menuntut Sdr(i) SW berdasarkan Hukum yang berlaku di negara Republik Indonesia. Penyelesaian tersebut di sepakati oleh kedua belah pihak dan menerima hasil keputusan  yang telah di sepakati tanpa ada unsur paksaan dan pengaruh dari pihak manapun.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas juga menyampaikan himbauan kepada Sdr(i) SW dan juga kepada masyarakat yang hadir untuk mempergunakan Media sosial secara bijak, jangan suka memposting berita yang belum tentu kebenarannya (Hoax) karena menyebarkan berita Bohong (Hoax) dapat di tuntut dengan Undang Undang ITE yang ancaman hukumannya sangat berat.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here