Tribratanewspolresacehtamiang.com,- Polres Aceh Tamiang melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Seulawah 2020, bertempat di Lapangan Apel Parama Satwika Polres Aceh Tamiang  Kamis (21/12/2020), Pukul 08.00 Wib.

Bertindak selaku Inspektur Apel saat Pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Lilin Seulawah 2020 tersebut, adalah Sekda Kabupaten Aceh Tamiang Bpk. H. Basyaruddin SH, ,sedangkan yang bertindak sebagai Komandan Apel adalah KBO Sat Sabhara Polres Aceh Tamiang Ipda Muhammad Fikri dan Pelaksanaan  Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Seulawah 2020 tersebut  diikuti oleh Pleton Dari Polri, Pleton dari TNI (Kodim 0117 Atam), serta pleton dari instansi terkait lainnya seperti Dinas Perhubungan, Sat pol PP, BPBD, Dinas Kkesehatan, Senkom dan Lain lain.

Pelaksanaan operasi “lilin Seulawah 2020” terfokus  dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahu Baru 2021 yang tujuannya untuk menumbuhkan ketenangan dan Rasa aman bagi masyarakat pemeluk Agama Nasrani saat merayakannya, sedangkan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin tersebut di laksanakan bertujuan untuk mengecek kesiapan baik  kesiapan Personil yang melaksanakan Operasi (Personil TNI, Polri maupun Instansi lain) maupun mengecek kesiapan Sarana dan Parasana yang di butukan dalam pelaksanaan Operasi  tersebut.

Selaku inspektur Apel, Sekda Kabupaten Aceh Tamiang Bpk. H. Basyaruddin SH Menyampaikan amanat dari Bapak Kapolri antara lain Penyelengarakan operasi lilin 2020 yang akan dilaksakan selama 15 hari yang dimulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2021, Dalam Pelaksanaan Operasi tersebut  mengedepankan kegiatan secara preventif  serta Humanis, tetapi walaupun demikian  penegakan hukum tetap di laksanakan secara tegas dan profesional. dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman. Sebut H. Basyaruddin, SH.

lebih Lanjut Inspektur Apel menjelaskan, Dalam pelaksanaan pengananan Natal dan Tahun Baru, polri telah mempersiapkan 83.917 personil polri,15.842 personil TNI, serta 55.086 personil instansi terkait lainnya. personil tersebut akan di tempatkan pada 1.607 pos pengamanan, Untuk kabupaten Aceh Tamiang telah menyiapkan 1 pos pengaman yang terletak di kecamatan Kota Kuala Simpang tepat nya di simpang Kelana, nanti pos ini akan di isi oleh personil TNI-POLRI, Dinas Perhubungan, Sat Pol PP, Dinas Kesehatan dan Senkom.

Selain dari pada itu, dalam sambutannya Inspektur Apel menambahkan, berdasarkan prediksi Intelejen terdapat 12 potensi kerawanan yang harus kita antisipasi sehubungan dengan pelaksanaan operasi Lilin Seulawah tersebut antara lain Aksi Terorisme, Kejahatan Konvensional, Kemacetan Lalu Lintas, Kecelakaan Transportasi, Sweeping Ormas, Aksi Penolakan Peribaratkan, Kenaikan harga Sembako, Konflik Sosial, daan Tawuran, Bencana alam, Konvoi dan Balap Liar, Kebakaran akibat petasan, Peredaran Narkoba ataupun Minuman Keras, dan masyarakat yang melanggar protokol kesehatan di masa pandemi covid-19 ini,” lanjut Pak Sekda

Dalam amanat Kapolri ditekankan untuk Tetap jaga kesehatan serta niatkan setiap Pelaksanaan tugas sebagai Ibadah kepada Tuhan YME, Pastikan setiap Personil hadir sesuai Ploting serta paham terhadap tugas dan tanggung Jawab, lakukan Deteksi dini dengan memetakan titik-titik Kerawanan secara tepat dan Optimalkan, lakukan Penggalangan untuk Mencegah Aksi yang meresahkan Masyarakat, Laksanakan Pengamanan secara Profesional dan Humanis, berikan Pelayanan terbaik serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan Buddy System dan Mantapkan kerja sama sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan Operasi.

Dalam apel gelar pasukan ini juga di hadiri oleh Kapolres Aceh Tamiang, Dandim 0117/Atam, Bupati Aceh Tamiang di wakili Sekda, Ketua DPRK Aceh Tamiang, Dan sub Denpom, Kepala Dinas Perhubungan, Kasat Pol PP Aceh Tamiang, Kepala BPBD Aceh Tamiang, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Jasa Raharja dan Kepala Senkom.

 

 

 

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here