ACEH TAMIANG – Seorang sales distribusi rokok ilegal diamankan Unit Opsnal Satreskrim Polres Aceh Tamiang di Desa  Sukarayat, Kecamatan Rantau, Aceh Tamiang, Jumat (3/3/2017) sekitar pukul 12.00 WIB. Berkat hasil pengembangan kasus, Polisi berhasil menciduk tersangka kedua yang betindak sebagai distributor.

Dihadapan petugas, pelaku sales yang diketahui berinisial KA (20) warga Dusun Mulia Indah, Desa Alue Dua, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa mengaku rokok tersebut diambil dari distributor atas inisial Dim alias Simex (28) warga Desa Paya Bujuk, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa.

Kemudian petugas mendalami informasi dengan melakukan pengembangan kasus dan berhasil menangkap distributor rokok yang barangnya dipasok dari pulau Jawa.

“Benar telah diamankan satu orang salesmen rokok yang mengedarkan rokok tanpa dilengkapi pita cukai atau menggunakan pita cukai palsu. Selang beberapa jam kemudian juga diamankan seorang  distributor rokok berinisial Dim (28) dari Kota Langsa,” ungkap Kapolres Aceh Tamiang AKBP. Yoga Prasetyo, SIK melalui Kasat Reskrim Iptu. Ferdian Chandra, S.Sos yang dikonfirmasi tribratanews.polresacehtamiang.com, Minggu (5/3/2017).

Dari tangan pelaku pertama, kata Kasat, turut disita barang-bukti diantaranya, satu unit sepeda motor jenis bebek BL 3959 FI, dua buah tas, 15 slop rokok merk Merah Delima (MD) merah, 6 slop rokok merk Milyoner 9 slop rokok merk Merah Delima (MD) hitam, 13 slop rokok merk Joint putih dan dua lembar kertas bertulisan Callshet Harian Sales ALPA.

Sedangkan dari pelaku kedua DAP (28) yang berdomisili di Langsa didapatkan barang bukti berupa 7 dus rokok merk San Ponic, namun isinya rokok merek MD merah dan hitam. Masing-masing dus berisikan 80 slop rokok.

“Dari keterangan pelaku, rokok tersebut dikirim dari pulau Jawa ke distributor yang ada di Kota Langsa. Untuk pemasarannya,  para sales langsung mengambil barang kerumah distributor yang beralamat di Desa Paya Bujuk, Langsa Baroh,” ungkap Ferdian Chandra.

Dijelaskan, awalnya kedua pelaku ditahan di Mapolres Aceh Tamiang. Namun pada hari Sabtu (4/3/2017) dua tersangka sales dan distributor rokok ilegal tersebut berikut barang bukti dilimpahkan ke Kantor KPPBC Tipe Pratama Kuala Langsa.

Serah terima tersangka dan barang bukti dari Polisi dan diterima langsung oleh Kepala Kantor BC Kuala Langsa, Mulyadi dengan di saksikan pegawai Bea dan cukai lainnya. “Tersangka diserahkan ke Bea Cukai karena melanggar Pasal 54 UU Nomor 39/2007 Tentang  Perubahan Atas UU Nomor 11/1995 Tentang Cukai,” tukasnya.

 

Teks foto: BONGKAR: Petugas Bea dan Cukai Langsa dan Polres Aceh Tamiang membongkar sejumlah dus yang berisikan rokok ilegal menggunakan pita cukai palsu yang diamankan dari distributor dan sales rokok, yang saat ini telah dilimpahkan di Kantor BC setempat, Sabtu (4/3/2017).

 

Humas Atam

Riyan Nanda

loading...