tribratanews.polresacehtamiang.com – Selain Faktor Manusia, alam dan jalan sebagai penyebab kecelakaan lalu lintas masih ada lagi salah satu faktor yang tidak kalah krusialnya yaitu faktor teknis dan laik jalan baik kendaraan roda 2 maupun roda 4. Hal tersebut juga dipengaruhi maraknya modifikasi kendaraan yang tidak mengindahkan ketentuan yang sudah ditentukan yaitu sesuai spektek dimana para pemilik kendaraan ada yang melakukan modifikasi dengan acessoris-acessoris yang tidak sesuai ketentuan Ungkap Petugas Satuan Lalu Lintas Bripka M.Ikwan Suar,SH yang pada saat itu sedang sambang bengkel Aksesoris di Kecamatan Karang Baru Kab.Aceh Tamiang Bersama Kasat Lantas Akp Dede Kurniawan,SIK.

Menyikapi fenomena tersebut Satlantas Polres Aceh Tamiang melalui Unit Dikyasa yang dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Akp Dede Kurniawan,SIK Memberikan himbauan kepada pemilik bengkel dan toko acessoris agar dalam menjual aksesoris kendaraan bermotor agar menyediakan barang yang sesuai ketentuan spektek dan laik jalan seperti yang dikeluarkan oleh pabrik serta tidak menjual aksesoris yang tidak memenuhi faktor keamanan dan keselamatan pengguna kendaraan maupun pengguna jalan lainnya.

Menjelaskan bahwa ketentuan teknis dan laik jalan kendaraan telah diatur sesuai Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Pasal 285 yang mengatur tentang :
a. Ayat (1) persyaratan teknis dan laik jalan kendaraan sepeda motor yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3);

. b. Ayat (2) persyaratan teknis dan laik jalan kendaraan bermotor roda empat atau lebih meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu mundur, lampu tanda batas dimensi badan kendaraan, lampu gandengan, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, kedalaman alur ban, kaca depan, spakbor, bumper, penggandengan, penempelan, atau penghapus kaca sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2).

Diharapkan kedepannya dalam modifikasi kendaraan para pemilik kendaraan mematuhi hal tersebut dan para pemilik bengkel dan toko acessoris tidak lagi menjual perlengkapan acessoris kendaraan yang tidak sesuai ketentuan. Ik-zed

loading...