ACEH TAMIANG – Bertempat di kediaman (rumah) sdra. Usman Is di Dusun Permai Desa Cinta Raja Kec. Bendahara Kab. Aceh Tamiang. Sabtu (21/10/2017) pukul 16.00 WIB s.d. selesai, Kapolsek Bendahara Iptu. Tavip Priawen, S.H. melalui Bhabinkamtibmas Desa Cinta Raja an. Bripka. Dwi Hermawan dan Bhabinkamtibmas Desa Bandar Khalifah an. Briptu. Sophian Hadi serta di dampingi perangkat desa cinta raja, melaksanakan mediasi penyelesaian masalah warga masyarakat tentang penipuan jual beli pakaian online melalui media Facebook atas nama “AW Grosir”.

Kejadian bermula, sejumlah masyarakat dari beberapa desa di kecamatan bendahara maupun di luar kecamatan bendahara tergiur dengan baju online AW Grosir, karna baju yang di perjual belikan cukup murah dengan harga berkisar Rp. 23 ribu – Rp. 40 ribu, sehingga membuat sejumlah masyarakat tersebut memasan dan langsung mentransferkan sejumlah uang pada rekening yang tertera di facebook AW Grosir. namun, dari hari ke hari baju yang di pesan tak kunjung sampai sehingga membuat sejumlah masyarakat menjadi curiga dan pergi ke bank untuk melakukan pengecekan terhadap nomor rekening AW Grosir dan diketahui pemilik rekening an. Rabiatul Al Adawiyah (19th) beralamatkan di dusun permai desa cinta raja kec. bendahara. kemudian sejumlah masyarakat tersebut mendatangi rumah sdra. rabiatul untuk menanyakan hal tersebut, karna sdra. rabiatul tidak berada ditempat karna belum pulang kuliah, sehingga sejumlah masyarakat menanyakan tentang kejadian tersebut kepada sdri. Afsari selaku kakak kandung sdra. rabiatul. sdri. afsari menuturkan bahwa ia-nya tidak tahu menahu tentang jual beli pakaian online di aw grosir, akan tetapi sdri. afsari mengakui bahwa nomor rekening yang tertera di facebook AW Grosir benar milik adiknya (rabiatul), ATM rekening tersebut sedang di pinjam oleh teman adiknya yang bernama Reza Anggara (18th) beralamatkan di sungai liput kec. kejuruan muda kab. aceh tamiang dan yang meminjamkan ATM + pin kepada sdra. reza anggara yakni adiknya sendiri (rabiatul). kemudian sejumlah masyarakat juga menanyakan hal serupa kepada sdra. rabiatul dan sdra. rabiatul juga menuturkan bahwa ia-nya yang meminjamkan ATM + pin tersebut kepada sdra. reza anggara dan sdra. rabiatul juga tidak tahu sama sekali atas aksi penipuan jual beli baju online di media facebook yang dilakukan temannya (reza anggara). atas kejadian tersebut sdri. afsari merasa adiknya bersalah karna telah meminjamkan ATM + pin kepada orang lain, agar masalah ini tidak di perpanjang, dengan kerendahan hati sdri. afsari berinisiatif dan meminta waktu tiga hari kedepan untuk mencari dan menggantikan sejumlah uang atas kerugian masyarakat.

Kemudian pada hari ini sabtu tanggal 21 oktober 2017 pukul 16.00 WIB bertempat di kediaman sdra. usman is telah dilaksanakan kembali pemecahan masalah penipuan jual beli baju online AW Grosir. sebelumnya bhabinkamtibmas telah berkoordinasi dengan perangkat desa, yang kemudian mendudukan sejumlah masyarakat tersebut kediaman sdra. usman is guna dilakukan mediasi penyelesaian masalah. berhubung uang sudah ada pada sdri. afsari, penyerahan sejumlah uang untuk langsung di serahkan kepada sejumlah masyarakat yang merasa tertipu, yang di saksikan langsung oleh bhabinkamtibmas, perangkat desa, dan pihak keluarga sdri. afsari.

Kemudian bhabinkamtibmas menyampaikan pesan -pesan kamtibmas kepada masyarakat, agar tetap menjalin silturahmi, tidak saling menaruh dendam, dan jadikan kejadian tersebut sebagai pembelajaran bagi kita semua, agar sdri. afsari mengingatkan kembali adiknya untuk tidak meminjamkan ATM kepada siapapun guna mencegah terjadinya hal serupa atau sejenisnya, diharapkan masyarakat yang merasa tertipu untuk lebih berhati – hati lagi dalam membeli pakaian online di media facebook atau media lainnya, cek dan pastikan kembali kebenarannya, bila perlu tanyakan langsung kepada pihak kepolisian benar atau tidaknya jual beli online tersebut guna mencegah terjadinya aksi penipuan kembali. kemudian kedua belah pihak saling maaf memaafkan dan tetap jalin silaturahmi. (SH)

loading...