Aceh Tamiang, 24/8/2017 – Unit Dikyasa satuan lalu lintas Polres Aceh Tamiang pada hari Kamis pukul 15.00 Wita melaksanakan pelatihan “Patroli Keamanan Sekolah (PKS)” dengan peserta dari pelajar tingkat SMA sederajat yang lokasi Sekolahnya berada disepanjang jalur lalu lintas wilayah hukum Polres Aceh Tamiang. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di SMA negeri 2 Kejuruan Muda Kegiatan Tersebut Rutin di laksanakan setiap Hari Kamis Pukul 15:00 Wib di luar Jam belajar.
Kegiatan pelatihan PKS perlu dilaksanakan dikalangan pelajar SMA sederajat, bertujuan untuk membentuk kepribadian pelajar yang tanggap dan cekatan, berjiwa sosial serta berwawasan pengetahuan yang lebih baik. PKS juga sebagai suatu kebutuhan bagi pihak Sekolah yakni untuk mewujudkan keamanan, ketertiban dan kedisiplinan siswa di lingkungan Sekolah.
Keberadaan anggota PKS di lingkungan Sekolah dapat membantu peran Guru dalam kegiatan pembinaan dan pengawasan, baik terhadap pembinaan pengembangan bakat siswa maupun pengawasan siswa di lingkungan Sekolah dan anggota PKS juga dapat membantu rekan-rekannya¬†di jalan untuk¬† menyeberangkan saat datang dan pulang dari Sekolah, dapat menjadi pelopor dalam berlalulintas serta dapat menjadi mitra dalam mendukung tugas Kepolisian yakni melaksanakan “Patroli Keamanan Sekolah” di lingkungan Sekolah masing-masing sesuai tugas pokoknya PKS tanpa mengganggu kegiatan belajar dan kegiatan PKS ini telah mendapat dukungan dari orang tua/wali murid serta Kepala Sekolah mengingat kegiatan tersebut dapat menumbuh kembangkan minat dan bakat siswa, untuk itu masing-masing Sekolah mengikutsertakan satu orang guru pendamping.
Materi yang disajikan dalam latihan PKS yakni teori dan praktek di lapangan mengenai tugas-tugas PKS, latihan PPPK, PBB, 12 Gerakan Dasar Pengaturan Lalu Lintas dan Senam Lalu Lintas serta pengenalan gambar jenis-jenis Narkotika, sehingga anggota PKS mengerti dan memahami akan bahaya penyalahgunaan Narkotika.
Materi pengenalan tentang peraturan berlalulintas dan pengenalan gambar jenis-jenis Narkotika disampaikan oleh Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Aceh Tamiang Aiptu Lesta sembiring melalui Kaur Mintu Lantas Bripka M.ikwan Suar,SH.
“Diharapkan peserta latihan PKS setelah selesai mengikuti pelatihan dapat mengimplementasikan di Sekolah masing-masing dan sekaligus dapat menjadi contoh bagi rekannya serta dapat menjadi teladan dalam keluarganya” demikian jelas Kasat Lantas Polres Aceh Tamiang AKP Dede Kurniawan.SIK by Zed
loading...