tribratanews.polresacehtamiang.com-Kasat Intelkam Polres Aceh Tamiang AKP Firdaus Jufrida, ST. M.Si di dampingi KBO Ipda M. Putra Yoni, SH memimpin kegiatan Rapat Internal Bulanan jajaran Sat Intelkam di Aula Promoter Polres Aceh Tamiang. Kamis (8/2/18).

Sebelumnya kegiatan mengikuti Vicon Baintelkam, berhubung pelaksanaan Vicon hanya untuk tingkat Mabes dan Polda, maka dilanjutkan dengan rapat Anev Internal bulanan Jajaran Sat Intelkam Polres Aceh Tamiang.

Kasat Intelkam menjelaskan telah dibentuknya Satgas Nusantara yang dimulai dari tanggal 30 Januari 2018 s.d 30 Agustus 2018, dimana Fungsi Intelkam bertindak sebagai Subsatgas Manajemen sosial.

Kasat Intekam menekankan agar para Kanit Intel melakukan pemetaan potensi yang dapat memicu menjadi konflik khususnya menjelang Pemilu 2019, monitor penerimaan PSS terkait penetapan batas usia minimum yaitu 17 tahun, para Kanit Intel harus hadir ditengah masyarakat dan mampu mengelola potensi konflik yangg ada, lakukan Deteksi dini terkait pembukaan lahan dengan cara pembakaran hutan, Bentuk sistim pengamanan Mako dan escape thdp personil dgn melibatkan polsek terdekat, Pemetaan dan pendataan terhadap Kelompok Radikal di masyarakat serta pengikutnya, Apdate terhadap peraturan dan perkembangan situasi yg berkembang, Sistim Pelaporan yang singkat dan padat agar Pimpinan mudah memahami.

Kemudian dilanjutkan masukan KBO Sat Intelkam agar mendata tempat-tempat yang mungkin terdapat komunitas tersebut, meneliti kembali setiap pembuatan rekomendasi izin keramaian masyarakat dan memperhatikan kembali pelaporan, jangan sampai kecolongan tidak melaporkan kegiatan maupun kejadian di wilayah masing-masing.

Dalam kesempatan itu juga Kasat Intelkam menyampakian hasil vicon terkait Satgas Nusantara bahwa pada hari Kamis tanggal 08 Februari 2018, pukul 09.00 wib, telah dilaksanakan kegiatan Video Conference oleh Baintelkam Polri tentang Satgas Nusantara yaitu Satgas Manajemen Sosial khususnya terkait penggalangan khusus intelijen.

Hasil Video conference membahas agar masing-masing wilayah membantu memviralkan berita-berita/meme yang dapat mendinginkan/positif suasana di wilayah, lalukan pemetaan secara periodik dan continue tentang potensi konflik maupun SARA di kewilayahan, Lakukan/bentuk opini yang dapat mendinginkan situasi jika ditemukan adanya potensi konflik, Optimalkan peran tokoh-tokoh yang pro NKRI dan mendorong Tokoh tersebut untuk dapat mendukung tugas Polri, Semua Polres / Satuan Intelkam melaksanakan giat Subsatgas Manajemen Sosial, Untuk masalah pelaporan Satgas Nusantara khususnya Satgas 1 manajemen sosial agar Sat Intelkam Polres berkoordinasi dengan Direktorat Polda masing-masing. papar Kasat Intelkam.

loading...