Tribratanewspolresacehtamiang. Com. –Kepala Bagian Oprasional (Kabag Ops) Polres Aceh Tamiang AKP Sukirno. S.E, Pimpin pelaksanaan Simulasi Pemulasaran/Penanganan Jenazah korban Covid 19 (Corona), bertempat di Kamar Jenazah RSU Kabupaten Aceh Tamiang, Jumat (17/04/2020), Pukul 08.00 Wib.

Kegiatan tersebut di hadiri sekira 50 Orang antara lain Kabag Ops Polres Atam, AKP Sukirno, SE, Kasat Sabhara Polres Atam, AKP Simson Porba, SH, Pasi Ops Kodim 0117/Atam, Lettu Inf Asroni, Direktur RSUD Kab, Atam dr.Tengku  Dedy Syah, Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid 19, Personil Kodim 0117/Atam dan personil Polres Atam.

Skenario Simulasi Pemulasaran/Penanganan Jenazah Kovid 19 (Corona) tersebut terdiri dari 3 Tahab, antara lain tahab pengecekan Personil yang melaksanakan Simulasi  terdiri dari Personil dari Dinas Kesehatan (RSU), Personil  Polres Aceh Tamiang dan personil  Kodim 0117/Atam yang di pimpin oleh Kabag Ops AKP Sukirno, S.E, Tahab Persiapan Tim Pemulasaran Jenazah yang terdiri 4 Personil Polres Atam dan 4 Personil Kodim 0117/Atam, Dan Tahab Persiapan Tim Pemulasaran jenazah dari Personil Medis RSU Atam sejumlah 6 orang, Saat pelaksanaan kegiatan 14 Personil baik personil Polres, personil Kodim maupun Personil Medis yang melakukan kegiatan di lengkapi dengan Pakaian/Baju pelindung diri APD.

Adapun Urutan kegiatan  pemulasaran/penanganan Jenazah Covid 19 (Corona) adalah sebagai berikut, Jenazah di mandikan lalu di bungkus pelastik kemudian di semprot Disinfektan, Jenazah kemudian di bungkus dengan kain Kafan kemudian di semprot kembali dengan Disinfektan, jika Jenazah beragaman Islam terhadap Jenazah tidak dilakukan proses memandikan Jenazak melainkan hanya dilakukan Tayamum saja dan Proses menyalatkan nya juga langsung di laksanakan oleh Tim medis yang melaksanakan pemulasaran tersebut dan pelaksanaanya di lakukan di ruangan jenazah tersebut.

Setelah di Sholatkan Jenazah dimasukkan kedalam Peti lalu di tutup Rapi (ditutup dengan di paku) kemudian peti di semprot dengan Disinfektan, Peti Jenazah di bawa keluar ruang Jenazah oleh Tim Pemulasaran dan di masukkan kedalam Mobil Ambulance, saat di dalam mobil Ambulance Peti Jenazah kembali di semprot dengan Disinfektan.

Tim Pengawalan yang terdiri dari 4 personil Polri dan 4 personoil TNI dengan menggunakan APD ikut serta mengantar Jenazah ke lokasi pemakaman yang terletak di Dsn Murni, Desa Aras Sembilan, Kec, Bandar Pusaka dengan menggunakan Mobil Patroli Sat Sabhara Polres Aceh Tamiang, Sesampai di lokasi pemakaman, tim pengantar Jenazah membawa jenazah untuk di kuburkan.

Setelah Jenazah di kuburkan Tim pengantar Jenazah membuka Pakaian (APD) yang di kenakan lalu melakukan penyemprotan Disinfektan kembali teradap baju APD dan Baju Pribadi yang mereka kenakan.

Usai pelaksanaan  Simulasi Pemulasaran/penanganan jenazah Copid 19 (Corona), Kabag Ops AKP Sukirno, SE menjelaskan bahwa kegiatan tersebut di lakukan merupakan gambaran tugas yang harus di lakukan oleh  petugas Pemulasaran/Penanganan Jenazah Covid 19, jika kasus tersebut terjadi di Aceh Tamiang, petugas Tim Gugus percepatan Penanganan Korban Copid 19  sudah mengetahui dan mampu menanganai jenazah Covid 19 dengan baik dan benar, selain itu AKP Sukirno menambahkan bahwa kegiatan tersebut juga untuk menunjukkan kepada masyarakat agar tidak was was dan tidak melarang terlaksananya pemakaman Jenazah dampak Covid 19 tersebut, karena pemerintah khususnya pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tamiang menanganai Jenazah Covid 19 tersebut secara propesional agar tidak berdampak pada masyarakat sekitarnya, jelas kabag Ops.

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here