ACEH TAMIANG – Kapolsek Bendahara Iptu. Tavip Priawen, S.H. melalui Bhabinkamtibmas Desa Cinta Raja Polsek Bendahara an. Bripka. Dwi Hermawan menghadiri musyawarah perencanaan resam kampung, yang musyawarah tersebut di gelar di balai desa bertempat di Desa Cinta Raja Kec. Bendahara Kab. Aceh Tamiang. Sabtu (11/11/2017) pukul 09.00 WIB s.d. pukul 12.00 WIB.

Dalam kegiatannya, membahas perencanaan resam kampung desa cinta raja. dari hasil musyawarah membuahkan hasil dan tercantum beberapa poin dalam resam kampung, antara lain sbb :
1. Jika ada hewan ternak lembu milik masyarakat yang tidur atau membuang kotoran di jalan umum, yang mempunyai atau si pemilik hewan ternak tersebut mendapat sanksi, yakni membersihkan kotoran lembu yang ada di jalan umum tersebut
2. Jika ada hewan ternak lembu yang memasuki sawah atau ladang seseorang, yang mempunyai hewan ternak tersebut di denda sebesar Rp.100.000,-(seratus ribu rupiah) per ekor dan jika hewan ternak merusak sawah (bibit padi) atau ladang di denda sebesar Rp500.000,- (lima ratus ribu rupiah) per rantai
3. Jika hewan ternak lembu merusak padi yang sudah di tanam, sanksinya berupa uang sebesar Rp.1.000.000,- (satu juta rupiah) per rantai.

Dalam kegiatan perencanaan resam kampung desa cinta raja dihadiri oleh : perangkat desa, bhabinkamtibmas, dan para pemilik hewan ternak yang ada di desa cinta raja. dari sejumlah poin yang di buat dan di tuangkan ke dalam resam kampung, para pemilik hewan ternak menyetujui dan menyepakatinya.

Kemudian bhabinkamtibmas tidak lupa pula menyampaikan pesan – pesan kamtibmas kepada perangkat maupun warga desa, resam kampung yang di buat bukan untuk membebani masyarakat desa, resam kampung di buat agar masyarakat yang mempunyai hewan ternak dapat menjaga hewan ternaknya supaya tidak menganggu atau merusak ladang dan sawah milik warga desa cinta raja. (SH)

loading...